Penyebab Redmi Note 8 Burn In dan Cara Mengatasinya

  • Share

Xiaomi adalah pabrikan asal china yang setiap bulan mengeluarkan produk terbaru, inovasi yang dikeluarkan selalu saja dapat bersaing dengan kompetitornya. salah satu keunggulan jika kalian membeli xiaomi adalah mendapatkan harga murah dengan spesifikasi yang lumayan menjanjikan, tidak kalah dengan brand lainya. xiaomi selalu menghadirkan spesifkasi yang terbarukan seperti halnya telkonologi layar seperti IPS, OLED, Amoled dan masih banyak lainya.

burn in redmi note 8

namun di beberapa series redmi, xiaomi menghadapi masalah yang sering di temui oleh para pengguna, salah satunya adalah screen burn in. dimana bukan hanya xiaomi saja yang mengalami hal ini. paling sering di temui di layar oled milik samsaung. screen burn in ini muncul biasanya setelah pemakaian lama selama berberapa bulan bahkan tahun. namun pada kasus xiaomi ini cukup berbeda karena redmi Note 8 tidak dibekali dengan layar OLED  masih memakai IPS tetapi sering terjadi Burn ini. berbeda dengan sang adik Redmi Note 7 yang memakai OLED  menjadi hal yang lumrah jika terjadi Burn in. tentunya hal semacam ini akan menggangu tampilan dari handphone kamu dan akan menggangu aktifitas penggunaan handphone anda. ada beberapa hal yang menyebabkan layar burn in, cara mencegah dan cara mengatasi masalah seperti ini, berikut ini kami sudah merangkumnya untuk anda.

Apa itu Burn in?

Burn ini adalah gambaran layar dimana terjadi perubahan warna pemanen pada layar smartphone anda, disebabkan oleh banyaknya pixel yang tidak beraturan/rusak sehingga terjadi munculnya efek terbakar dari dalam. atau mungkin banyangan bahkan garis yang muncul agak samar.

Penyebab Burn in di Redmi Note 8

Penyebab dari masalah burn ini sebenarnya bermacam macam, tentunya bukan hanya dari cacat pabrik saja yang bisa terjadi atau kualitas layar yang digunakan akan tetapi bisa saja karena kesalah human error itu sendiri.

  1. hal yang pertama dari penyebabnya burn ini adalah umur dari handphone yang sudah tua, masalah ini menjadi hal yang lumrah terjadi jika kalian sudah menggunakan redmi note 8 kalian sudah bertahun tahun
  2. Pengunaan Layar terus menerus tanpa henti juga menjadi penyebab utama layar pada redmi note 8 menjadi burn in. apalagi jika kalian menggunakan handphone kalian sambil bermain game.
  3. Menggunakan Wallapaper yang sama dalam jangka Panjang.
  4. Mengatur Kecerahan Layar 70% lebih. sangat tidak direkomendasikan bagi anda untuk menggunakan kecerahan layar 100% terus menerus. ada baiknya anda menurunkan kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan

Cara Mencegah Layar Burn in

tidak ada salahnya mencegah dari pada mengobati, begitu juga dengan handphone anda. ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mencegah redmi note 8 burn in ini terjadi. berikut ini beberapa hal singkat dan mudah yang bisa anda gunakan.

  1. Jangan Gunakan Brightness anda ke 100%. kami menyarankan anda untuk mengaturnya ke 50% saja untuk kebutuhan harian,
  2. Jangan Gunakan handphone handphone anda terus menerus. gunakan handphone anda dengan bijak sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. anda juga bisa mengatur screen time out anda menjadi 1-2 menit agar layar mati.
  3. Ganti Wallpaper anda secara berkala agar pixel anda selalu berubah ubah sehingga tidak terjadinya burn in.
  4. Gunakan Dark Mod. jika malam hari tiba anda bisa mengubahnya ke dalam mode dark mod. sebaliknya jika siang anda bisa mengembalikanya.

Cara Mengatasi Layar Burn in di Redmi Note 8

tidak ada yang tidak mungkin dalam menghadapi masalah yang muncul terutama hanya sebatas burn ini di redmi note 8 ini. ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya salah satunya adalah mendownload aplikasi yang ada di playstore dengan harapan bisa menghilangkan efek burn ini. aplikasi ini bisa membantu anda menghilangkan burn in dengan taraf keparahan burn in itu sendiri.

screen test anda fix

  1. Download Aplikasi Screen Test and Fix
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut
  3. Kemudian Atur Kecerahan Layar anda menjadi 100%
  4. Kemudian Klik Fix pada aplikasi tersebut.
  5. Tunggu Hingga proses perbaikan yang akan menampilkan warna merah, biru, hijau, putih.
  6. Lakukan test ini secara beberapa hari secara berkala selama beberapa 30menit – 1jam
  7. Selesai

Cara diatas adalah cara yang bisa anda ikuti untuk mengatasi layar burn in, beberapa orang mencoba aplikasi tersebut dan dapat membantu layar mereka kembali pulih. namun cara paling cepat untuk mengatasi hal ini adalah membawa Redmi Note 8 anda ke Service center untuk di klaim. namun dari beberapa sumber, kerusakan burn in semacam ini tidak di cover garansi. jika itu benar maka anda perlu menyiapkan uang untuk mengganti layar redmi note 8 ke baru.

itu dia beberapa cara pencegahan dan cara mengatasi burn in di redmi note 8, jika anda mempunyai pertanyaan lebih anda bisa meninggalkan komentar dibawah ya terimaksih.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.