Office Button di Microsoft Word, ini Fungsi dan Penjelasanya

Office Button di Microsoft Word
Office Button di Microsoft Word

Piranti komputer atau laptop sangat bermanfaat di era sekarang. Seiringi dengan berkembangnya kemajuan jaman. Laptop atau komputer sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan di era sekarang, khususnya di era yang serba online seperti sekarang ini. Laptop atau komputer sangat membantu manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas sekolah. Apalagi, fitur yang ada di dalam laptop yang dapat memudahkan pekerjaan kita bisa dibilang saat ini menjadi barang wajib yang minimal harus kita miliki.

Aktifitas yang tidak bisa jauh dari memiliki sebuah laptop atau komputer biasanya adalah mengetik. Sekarang ini banyak tugas atau pekerjaan yang dilakukan dengan cara diketik. Aplikasi di komputer atau laptop yang dapat membantu dalam membuat tugas atau melakukan pekerjaan dalam mengetik adalah Microsoft word, aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft tersebut sangat sering dijumpai di berbagai macam pc dan dapat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Lalu, tahukah kamu bahwa ada tombol fungsi yang ada di Microsoft word yang membantu fungsi olah dokumen yang akan kita buat maupun kita simpan dan produksi. Tombol fungsi tersebut adalah Office Button, yang terletak di sebelah kiri atas layar.

Fungsi Office Button di Microsoft Word

Menu office button merupakan menu yang berisi barisan komando yang lazim untuk menjalankan aplikasi Microsoft word. Dalam aplikasi Microsoft word, isi dan fungsi dari office button terintegrasi dengan bagian menu file.

Office Button di Microsoft Word
Office Button di Microsoft Word

Namun, ada eberapa menu yang ada di office button Microsoft word yang sedikit berbeda dari versi terdahulu yaitu versi 2007 dengan versi yang cukup terbaru seperti versi 2010, 2013, dan versi yang lebih ke atas lainnya. Untuk office button yang ada di Microsoft word 2007 adalah sebagai berikut :

  • New

Icon ini berfingsi untuk membuat dokumen baru dengan lembar yang baru yang ada Microsoft word 2007

  • Open

Open berfungsi untuk membuka dokumen yang sebelumnya telah dibuat dan yang sudah disimpan

  • Save

Fungsi ikon Save ini digunakan untuk melakukan penyimpanan dokumen baik dokumen yang baru dibuat ataupun dokumen lama yang telah diubah atau diedit.

  • Save As

Berfungsi untuk menyimpan file dokumen tanpa merubah isi asli dari file yang tersebut dan file ayang diedit atau dirubah tetap aman. Contoh saya ingin mengedit file yang berjudul “Belajar Ms.Word”, lalu saya edit dan tambahkan beberapa kata dan materi.

  • Print

Icon ini digunakan untuk mencetak dokumen yang telah selesai dibuat dan siap untuk dicetak.

  • Prepare

Menu ini berfungsi untuk menyiapkan file dokumen sebelum didistribusikan. Secara khusus menu ini membantu kita untuk melihat dan memodifikasi properti dokumen. Seperti nama Author, password dll sebelum dokumen dibagikan ke orang lain.

  • Send

Menu Send berfungsi untuk mengirim atau berbagai file yang diinginkan melalui email dan Fax.

  • Publish

Publish berfungsi untuk mempublikasikan dokumen yang telah dibuat. Office 2007 memberikan kita pilihan untuk publikasi langsung ke Blog, Document Management Server, dan Create Document Workspace.

  • Close

Menu ini berfungsi untuk menutup lembar kerja office. Ini menurut saya menu yang paling Useless di office. Karena kita sebenarnya juga bisa menutup lembar kerja melalui tombol Close (X) di sudut kanan atas dokumen.

Perbedaan Office button terdahulu dengan office button versi terbaru

Tampilan office button untuk Microsoft word versi terbaru seperti versi 2010 ke atas lebih di minimalisir dengan ukuran icon yang lebih kecil sehingga terkesan minimalis dan menu diringkas dalam satu tab saja. Seperti menu-menu yang ada di bawah ini merupakan menu yang tidak akan dijumpai di versi yang terdahulu

  1. Info

Untuk memprotek ataupun mengunci dokumen. Dan berfungsi untuk mengatur versi file.

  • Recent

Berfungsi menampilkan file bahkan folder yang sudah pernah kita buka sebelumnya, kita bisa memanggilnya kembali tanpa harus membuka dengan ikon open, dengan cara ini dapat mempermudah dan mempercepat kerja dalam mengelola dokumen.

  • Options

berfungsi Mengatur depault file location. Mengatur perekaman/penyimpanan otomatis (autorecovery)

Nah demikianlah  merupakan penjelasan mengenai fungsi dari office button. Terlepas dari versi yang lama maupun versi yang baru, Microsoft word masih worth it untuk digunakan sebagai piranti dalam membantu menyelesaikan tugas maupun pekerjaan.