cool hit counter

Mengunci Flashdik Di Windows Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

  • 2 min read
  • Aug 22, 2020

Salah satu sarana atau alat penyimpanan data yang cukup populer dan banyak digunakan orang terutama saat bekerja adalah flashdisk. Pasalnya selain memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar flashdisk juga memiliki bentuk yang kecil dan mudah digunakan.

Falshdisk sendiri termasuk saran penyimpanan yang bersifat portable. Dengan begitu flashdisk dapat digunakan dengan mudah dari satu laptop atau komputer ke komputer atau laptop lainnya. Dengan kata lain flashdisk memiliki mobilitas yang cukup tinggi.

Sekarang ini untuk menemukan atau membeli flashdisk tentu bukan hal yang sulit. Pasalnya di pasaran sudah banyak sekali brand flashdisk yang bermunculan. Dimana setiap brand menawarkan berbagai fitur yang bagus untuk menarik konsumen.

Dipasaran tidak sedikit brand flaskdisk yang meluncurkan flashdisk dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar serta memiliki bentuk yang lucu atau menarik untuk diliihat. Flashdisk dengan kapasitas yang besar tentu akan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan flashdisk dengan kapasitas yang kecil.

Meskipun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, tapi menyimpan data penting kedalam flashdisk bukanlah pilihan yang cukup baik. Pasalnya data yang tersimpan didalam flashdisk cenderung lebih mudah untuk dibuka dan dipindahkan atau bahkan dihapus.

Namun bagi kalian yang tidak memiliki alat penyimpanan lain selain flashdisk dan ingin menyimpan data penting ke dalam flashdisk mungkin kalian bisa mengakalinya dengan cara mengunci flashdisk kalian supaya tidak mudah dibuka oleh orang lain.

Untuk dapat mengunci flashdisk ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya menggunakan aplikasi atau software. Untuk bisa mengunci flashdisk dengan aplikasi atau software tentu kalian harus mendownload terlebih dahulu aplikasi atau software tersebut.


Tapi selain menggunakan aplikasi atau software, ternyata mengunci flashdisk bisa juga dilakukan dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi ataupun software. Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara mengunci flahdisk di Windows tanpa aplikasi dan software, langsung saja simak informasi dibawah ini.

Mengunci Flashdisk Dengan BitLocker

Untuk dapat mengunci flashdisk di Windows tanpa aplikasi atau software, kalian bisa menggunakan BitLocker yang sudah ada di Windows tanpa perlu mendownload atau menginstall aplikasi tambahan.

Adapun beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengunci flashdisk di Windows tanpa aplikasi yaitu sebuah laptop atau komputer Windows dan sebuah flashdisk. Untuk cara mengunci flashdisk di Windows tanpa aplikasi langsung saja ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Langkah pertama masukkan atau hubungkan flahdisk dengan laptop ataupun komputer.
  2. Setelah flahdisk sudah terhubung dengan laptop atau komputer langsung saja buka Windows explorer.
  3. Kemudian kalian klik menu computer yang ada di sebelah kanan bawah, nanti akan muncul beberapa drive penyimpanan langsung saja klik kanan pada flashdisk kalian pilih Turn On Bitlocker.
  4. Selanjutnya kalian akan dialihkan ke tampilan BitLocker Drive Encryption. Kalian centang saja Use a password to unlock the drive.
  5. Berikutnya isi kolom Type your password dan kolom Retype your password dengan password flashdisk kalian. Lalu klik tombol Next.
  6. Jika sudah kalian pilih Save the recovery key to a file. Setelah itu kalian cukup tekan tombol Start Encryption untuk memulai encryption pada flashdisk kalian.
  7. Apabila proses encryption berhasil, nantinya apabila ingin membuka flahdisk akan diminta untuk memasukkan password terlebih dahulu. Jika password sesuai maka flashdisk bisa terbuka tapi jika tidak sesuai maka flashdisk akan terkunci.

Jika anda mempunyai masalah anda bisa meninggalkan komentar untuk solusi. terimakasih sudah membaca cara Mengunci Flashdisk Dengan BitLocker.