Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Force Close di Android

  • Share

Force close aplikasi pada aplikasi smartphone memang hal yang tidak jarang dialami oleh pengguna smarpthone. Biasanya masalah ini sering dialami oleh smartphone yang memiliki spesifikasi rendah. Dengan adanya masalah force close aplikasi tentu membuat para pengguna smartphone menjadi kesal sekaligus bingung untuk mengatasinya. Apalagi disaat kalian sedang memainkan game ataupun sedang membalas chat dari teman atau pacar, tiba-tiba masalah force close aplikasi muncul. Tentu hal itu akan semakin membuat kalian kesal.

atasi force close di android

Masalah force close aplikasi bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa saja disebabkan karena kapasitas RAM yang sudah penuh. Sedangakan kapasitas RAM yang penuh bisa saja karena terlalu banyak aplikasi ataupun memang spesifikasi smartphone yang rendah.

Adapun penyebab force close aplikasi bisa juga terjadi karena terlau banyak file sampah yang menumpuk dan juga karena aplikasinya sendiri yang memang sudah rusak atau error.

Bagi kalian yang masih belum tahu dan bingung bagaimana cara mengatasi force close aplikasi. Kalian bisa mencoba beberapa cara mengatasi force close aplikasi yang ada dibawah ini.

Cara Mengatasi Force Close  Aplikasi

  • Menghidupkan ulang smartphone

Cara sederhana yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah force close adalah dengan menghidupkan ulang atu merestart smartphone kalian. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban RAM pada smartphone kalian. Siapa tahu force close aplikasi yang terjadi disebabkan karena bebean RAM yang terlalu besar.

  • Menghapus file sampah

Adapun cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah force close adalah dengan menghapus atau menghilangkan file sampah yang tidak penting di dalam smartphone. Dengan adanya file sampah yang berlebihan tentu akan membuat kinerja smarphone kalian menjadi lambat.

Selain itu dengan adanay file cache atau sampah yang banyak tidak jarang membuat aplikasi error ataupun force close secara tiba-tiba. Untuk membersihkan file cache atau sampah dengan efektif, kalian bisa menggunakan beberpa aplikasi seperti Clean Master ataupun aplikasi cleaner yang lainnya.

  • Mengupdate aplikasi

Force close atau aplikasi error bisa juga disebabkan karena kondisi aplikasi yang terlalu banyak bugs ataupun kerusakan. Adapun cara untuk mengatasinya, bisa kalian lakukan dengan mengupdate atau memperbarui aplikasi tersebut. Dengan diperbaruinya aplikasi tersebut diharapkan dapat menghilangkan error pada aplikasi yang menyebabkan terjadinya force close aplikasi.

  • Memperbarui OS Android

Cara berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan memperbarui os atau sistem operasi pada smartphone dengan versi yang terbaru. Dengan diperbaruinya sistem operasi pada smartphone kalian diharapkan dapat membat kinerja smartphone menjadi lebih optimal.

  • Menghapus aplikasi

Untuk mengatasi masalah force close, kalian bisa menghapus aplikasi yang error ataupun yang mengalami force close. Dengan harapan, jika aplikasi yang mengalami force close dihapus tentu masalah force close juga ikut terhapus atau hilang.

  • Factory Reset

Jika masalah force close masih saja belum bisa diatasi. Ada baiknya kalian melakukan factory reset pada smartphone kalian. Dengan melakukan factory reset akan mengembalikan smartphone ke pengaturan awal atau setelan pabrik.

Dengan factory reset semua data yang tersimpan didalam smartphone tentu akan terhapus. Dengan demikian data yang menyebabkan terjadinya force close diharapkanbisa ikut terhapus. Sehingga smartphone dapat berjalan dengan normal kembali.

Sebaiknya sebelum melakukan factory reset, kalian membackup terlebih dahulu data yang menurut kalian penting dan tidak ingin dihapus pada smartphone kalian.

 

ok itu dia beberapa cara mengatasi aplikasi force close semoga cara ini bermanfaar bagi kalian semua, pastikan kalian menggunakan handphone kalian sesuai dengan kebutuhan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.