Cara Menonaktifkan Pola Kunci di HP Android

  • Share

Keamanan merupakan suatu hal yang sangat menunjang sebuah Android. Data data yang bersifat penting dan intim dalam sebuah Android biasanya menjadi alasan utama Android di beri sebuah keamanan. Misal seperti gambar, dokument, aplikasi dan masih banyak yang lainnya. Keamanan untuk menjaga sebuah Android memiliki banyak macam yaitu ada yang menggunakan kunci pola, kunci angka, kunci sandi sampai fingerprint dan sensor wajah yang saat ini sedang ramai diperbincangkan dan banyak dimiliki oleh smartphone Android dengan merk terbaru dan canggih. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak pengguna Android yang lebih menyukai kunci pola atau pola kunci sebagai kemanan utama handphone kesayangnnya. Memang menjadi selera masing masing.

Pasalanya pola kunci sangat mudah dan simpel. Untuk mengaktifkannya hanya dengan membuka menu Setting atau Pengaturan yang ada di handphone Android kita kemudian menuju menu Keamanan. Disini, kita dapat mengatur keamanan dari perangkat Android kita sesuai dengan yang kita suka. Namun bagaimana apabila kita ingin mematikan pola kunci?

Cara Menonaktifkan Pola Android yang Lupa dengan Mudah

Apakah bisa dilakukan dan bagaimana caranya? Ternyata dapat dengan mudah kita nonaktifkan hanya dengan beberapa klik saja. Penasaran? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

  1. Bukalah menu Pengaturan yang sudah tersedia di handphone Android kita
  2. Scroll dan pilih menu Keamanan yang tersedia
  3. Pada halaman Keamanan, silahkan cari dan klik menu GEmbok Layar. Masukkan sandi atau pola yang sedang digunakan pada saat itu juga
  4. Lalu klik menu Tidak ada dan tes apakah pola kunci pada Android sudah aktif atau sudah mati
  5. Apabila di menu Tidak ada tidak bisa di klik dengan maksud terdapat pemberitahuan yang di nonaktifkan oleh adminitrator perangkat maka kembalilah ke menu Pengaturan
  6. Di menu Nirkabel & Jaringan, silahkan pilih dan klik Selengkapnya. Disini kita akan menemukan beberapa menu dan silahkan klik VPN
  7. Di dahalam VPN, hapus semua VPN yang tersedia dan apabila sudah di proses, coba lagi seperti cara pertama dan menu Tidak ada pasti sudah dapat kita klik

 

Cara diatas dapat kita praktekkan dengan sangat mudah dan simpel karena begitu sederhana. Keamanan pada suatu perangkat Android dapat diatur dengan hanya membuka menu Pengaturan yang sudah tersedia di handphone kita.

Namun, sekarang ini juga sudah terdapat banyak sekali aplikasi pengaman yang dapat mengamankan handphone kita. Selain itu, banyak juga aplikasi pengaman yang memiliki fungsi lebih yaitu sebagai pembersih cache, menghapus dan menghilangkan virus, menghemat baterai, mengencangkan kinerja handphone dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita dapat memilih keamanan handphone kita sendiri sesuai selera masing masing.

Namun akan lebih baik jika kita memanfaatkan apa yang sudah ada di smartphone Android kita yaitu di menu Pengaturan. Perintah dinonaktifkan yang tidak dapat di klik seperti yang disebutkan di atas terjadi di perangkat Android 4.0 keatas yang disebabkan oleh adanya VPN yang sudha terdaftar. Jadi secara otomatis kita harus menggunakan beberapa pilihan aman untuk membuat ponsel kita juga lebih aman.

Oleh karen aitu, VPN ini memiliki sifat enkripsi jaringan agar lebih aman dan tidak akan merusak. Saat ini juga terdapat aplikasi VPN yang dapat digunakan dengan simpel dan tidak membutuhkan izin dari administrator untuk mengaktifkan kunci pada layar. Gunakan keamanan untuk mengamankan Android anda. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.