Cara Mengunci Aplikasi di Android dengan Aman

Beberapa aplikasi di Android merupakan aplikasi yang memerlukan privasi. Maksudnya adalah, aplikasi tersebut hanya bisa dan boleh dibuka serta digunakan oleh diri anda sendiri saja. Aplikasi tersebut merupakan hak anda dan orang lain tidak boleh mengaksesnya. Aplikasi privasi bisa bermacam macam seperti WhatsApp, sosial media, galeri dan lainnya.

Pada intinya, aplikasi ini tidak boleh dibuka oleh sembarangan orang. Pastinya anda tidak mau kan? Aplikasi tadi dibuka dengan orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, kami akan memberikan solusi kepada anda untuk menjaga privasi dengan cara mengunci aplikasi di HP Android, berikut caranya,

Cara Mengunci Aplikasi Android Menggunakan AppLock

Kali ini kami akan memberikan tutorial mengunci aplikasi dengan aplikasi pihak ketiga tang bernama AppLock. Aplikasi ini bisa kita dapatkan di Google Play Store secara gratis. Silahkan download aplikasi tersebut untuk memulai langkah ini.


  1. Setelah aplikasi tadi berhasil anda download, Instal lalu buka AppLock tadi. Pada saat pertama tampilan pada aplikasi ini, kamu akan dimintai untuk memasukkan kunci smartphone. Anda diharuskan untuk memasukkan kunci sebanyak dua kali sebagai persyaratan dari aplikasi ini.
  2. Pada halaman berikutnya, anda akan dimintai untuk memasukkan alamat email. Ketik alamat email disana lalu pilih Save.
  3. Tunggu hingga proses verifikasi selesai, setelah itu anda bisa menerapkan penguncian pada aplikasi yang dipilih. Namun sebelumnya, anda ajukan bisa menentukan jenis penguncian yang ingin diterapkan pada pengunci aplikasi tersebut, apabila smartphonemu sudah memiliki fitur seperti fingerprint dan face unlock maka anda bisa menggunakan sistem keamanan tersebut agar keamanan jauh lebih terjamin.
  4. Ketika jenis penguncian sudah diterapkan, langkah selanjutnya adalah dengan memilih beberapa aplikasi yang ingin di kunci.
  5. Dara mengunci aplikasi ini sangatlah mudah. Pertama, anda bisa menekan ikon berbentuk kunci gembok yang letaknya ada di sebelah kanan aplikasi. Tekan ikon tersebut hingga ikon berubah menjadi gembok terkunci. Apabila aplikasi aplikasi anda sudah terpasang ikon gembok yang sudah terkunci maka itu tandanya aplikasi tersebut sudah berhasil diamankan / dikunci.
  6. Nantinya jika anda ingin membuka aplikasi tadi maka anda harus memasukkan pin keamanan baik berupa pola, kata sandi, fingerprint atau face unlock. Dengan adanya fitur ini maka siapapun yang ingin membuka aplikasi anda memerlukan kode sandi sehingga tidak sembarangan orang bisa mengakses aplikasi tersebut.

Pada beberapa merek ponsel sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur penguncian aplikasi. Namun tidak untuk semua jenis ponsel. Apabila ponsel Anda sudah memiliki fitur penguncian aplikasi maka anda tidak perlu repot repot lagi untuk men-download aplikasi tambahan. Selain itu kemananan dari penguncian aplikasi bawaan lebih terjamin.

Secara umum Cara penggunanya cukup mudah untuk menemukan fitur ini pertama ramadhan kita harus masuk ke menu setting atau pengaturan yang ada di perangkat. Selanjutnya gulir menu hingga menemukan opsi keamanan. Buka opsi tersebut, nantinya anda akan diperintah untuk memasukkan kode sandi. Lalu setelah terbuka, anda bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Maka apabila sudah dipilih langkah selanjutnya adalah mencoba membuka aplikasi tadi. Cobalah untuk membukanya, apabila anda dimintai kode sandi maka proses penguncian ini berhasil dan aplikasi tadi sudah aman dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!