Cara Mengatasi iPhone Error 4013 Saat Update Atau Restore

Saat mencoba untuk melakukan update atau restore iPhone, biasanya ada beberaa diantara kita yang mendapati error 4013. Umumnya error 4013 ini dikarenakan terputusnya koneksi antara iPhone dengan iTunes ketika proses update atau restore sedang berlangsung atau dapat juga dikarenakan permasalahan lainnya yang menjadikan iTunes tidak dapat melanjutkan proses update atau restore di iPhone. Biasanya disebabkan oleh kabel USB yang telah rusak atau rusak port USB. Dengan kata lain, kesalahan adalah kesalahan sambungan yang mengindikasikan adanya masalah komunikasi antara perangkat dan iTunes iOS kita. Error 4013 biasanya muncul di iTunes dengan pesan “The iPhone could not be restored. An unknown error (4013)”.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi iPhone error 4013 ketika proses update atau restore:

  1. Memperbaiki error 4013 dengan Dr. FoneCara Mengatasi iPhone Error 4013 Saat Update Atau Restore

Dengan menggunakan cara ini kita tidak perlu menggunakan iTunes lagi untuk memperbaiki iPhone error 4013. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan mendownload Dr. fone Repair dan agar supaya fiturnya dapat berfungsi penuh, maka kita perlu menggunakan Dr. Fone Repair versi yang berbayar. Kemudian tinggal jalankan saja Dr. Fone kemudian pilih Repair > hubungkan iPhone ke Dr. Fone dengan menggunakan kabel data atau USB. iPhone akan langsung terdeteksi dan sekarang kita hanya tinggal mengklik start saja. Kemudian ikutilah instruksi yang ada di layar untuk dapat masuk ke mode DFU. Selanjutnya Dr. Fone akan secara otomatis mendeteksi seri iPhone kita dan memilih iOS versi terbaru kemudian kita hanya tinggal mengklik download saja. Jika firmware iOS sudah terinstalldi iPhone tunggulah sampai iPhone siap kemudian ikuti instruksi yang sudah ada di layar. Kemudian setelah semua proses selesai, iPhone akan kembali normal dan masalah error 4013 telah teratasi.


  1. Memperbaiki iTunes error 4013 dengan memeriksa port USB dan konektor

Salah satu kemungkinan penyebab masalahnya yaitu karena hardware-terkait. Kita harus mulai dengan memeriksa untuk melihat bahwa semua port USB dan konektor bekerja dengan baik. pastikan untuk menggunakan port USB Apple, menggunakan port USB yang berbeda serta cobalah untuk plug ke PC yang lainnya.

  1. Memperbaiki error 4013 dengan iTunes

Pastikan iTunes di laptop atau PC merupakan versi yang paling terbaru kemudian restart secara paksa iPhone dengan cara menekan tombol kombinasi:

  • iPhone X, iPhone 8 atau iPhone 8 Plus:

tekanlah kemudian cepat lepaskan Volume Up, selanjutnya tekan dan tahan tombol power hingga muncul logo Apple

  • iPhone 7 atau iPhone 7 Plus:

tekanlah kemudian tahan tombol power + volume bagian bawah hingga muncul logo Apple

  • iPhone 6s atau yang lebih lama /iPad:

tekanlah dan tahan tombol home + power hingga muncul logo Apple

kemudian jika sudah hubungkan iPhone atau iPad ke iTunes dan ketikaada pilihan update atau restore maak pilihlah update agar supaya iOS di install ulang dengan tetap mempertahankan data. Namun apabila dengan menggunakan cara update ini masih juga bermasalah atau berhasil update namun justru mlah booting ke recovery mode maka ulanglah lagi cara tersebut dan untuk pilihan kali ini pilihlah restore

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi iPhone error 4013 ketika update atau restore. Semoga penjelasan yang diberikan dapat dengan mudah dimengerti.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!