Cara Mengatasi Gagalnya Kirim File di Aplikasi Share It

Berbagi file kini tidak sesulit dulu. Jika dulu kita berbagi file memanfaatkan fitur infrared ataupun Bluetooth, maka kini kita bisa berbagi dengan memanfaatkan jaringan Hot spot dan wifi. Salah satu keunggulan dari berbagi menggunakan Hot Spot dan wifi adalah dengan kecepatan pengiriman yang tinggi. Dengan begitu anda bisa mengirim file besar dengan waktu yang cukup singkat.

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengirim file menggunakan wifi dan hotslot adalah share it. Aplikasi ini sangat populer karena kegunaaanya untuk mengirim file yang mudah dan cepat. Kita tidak perlu lagi mengandalkan fitur Bluetooth dalam proses pengirimannya. Namun akhir akhir ini sering dijumpai kendala dalam proses pengiriman, yaitu ShareIt menjadi error dan tidak bisa digunakan untuk mengirim file. Jika sudah begini langkah apa uang harus kita lakukan? Simak penjelasan artikel dibawah ini untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Cara Mengatasi Gagalnya Kirim File di Aplikasi Share It

1. Restart HP Android

Cara paling simpel dan paling mudah adalah dengan cara merestast smartphone Android. Anda jangan menyepelekan cara yang satu ini. Dengan merestast Android terkadang terbukti untuk menyelesaikan permasalahan eror salah satunya adalah permasalahan pada aplikasi. Apabila ternyata yang salah adalah koneksi antara aplikasi dan smartphone anda. Maka merestart Android bisa dijadikan pilihan. Cobalah untuk merestart lalu buka aplikasi share it seperti sedia kala. Apabila belum berhasil berarti anda harus mencoba langkah yang ke dua.


2. Update ShareIt Pengirim Dan Penerima

Cara ini merupakan lanjutan apabila anda gagal dalam cara yang pertama. Aplikasi ShareIt merupakan aplikasi yang membutuhkan pihak lain untuk penggunaannya bisa dikatakan juga aplikasi ini tidak bisa digunakan sendiri. Dua orang baik penerima maupun pengirim harus memiliki aplikasi share it ini. Mungkin saja penyebab error nya aplikasi share it karena kedua pengguna memiliki perbedaan aplikasi share it yang terlampau jauh. Misalnya si penerima atau si pengirim tersebut memiliki versi ShareIt yang belum diupdate hak tersebut tentu saja berpengaruh pada gagalnya ShareIt anda. Hal ini sangat jelas apabila perbedaan versi satu dengan yang lainnya mencapai 5 sampai 10. Untuk itu, cara Mengatasi permasalahan ini adalah dengan meng update aplikasi share it terutama untuk pengguna yang versi aplikasinya sudah kuno.

3. Aktifkan GPS

Cara ketiga yang bisa anda coba yaitu dengan mengaktifkan GPS. Pada versi terbaru aplikasi share it meminta pada  kita untuk mengaktifkan fitur ini. Hal ini opsional untuk dilakukan, namun ketika anda mengalami kegagalan dalam pengiriman file maka anda bisa mencoba untuk mengaktifkan GPS. Cobalah untuk mengirim file dengan GPS aktif. Biasanya akan berpengaruh.

4. Hapus Cache ShareIt

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan dalam mengatasi permasalahan gagalnya pengiriman file adalah dengan menghapus cache share it. Setiap aplikasi biasanya menyimpan file dalam bentuk cache. Semakin bertumpuknya cache akan menimbulkan permasalahan dari aplikasi. Maka sebaiknya anda rajin membersihkannya. Cara untuk membersihkan cache ini juga sangatlah mudah. Pertama tama buka menu Pengaturan selanjutnya pilih menu aplikasi, cari aplikasi yang bernama share it. Buka aplikasi tersebut lalu pilih menu Hapus Cache. Jika sudah terhapus maka anda bisa mencoba aplikasi tadi.

5. Hapus Data ShareIt

Tidak hanya cache yang harus kita perhatikan, share it ternyata juga menyimpan data yang bisa saja membebani aplikasi. Data bisa berupa informasi pengguna dan lain lain. Cara menghapus data aplikasi ini sangatlah mudah, pertama buka menu Pengaturan, pilih menu aplikasi. Selanjutnya pilihlah aplikasi share it. Lalu pilih Hapus data. Cobalah untuk menghapus file data ini lalu kemudian kembali membuka aplikasi share it seperti sedia kala.

ok itu dia bagaimana cara mengatasi gagal kirim dengan shareit yang bisa anda coba, anda bisa menanyakan hal lainya dibawah komentar jika dirasa ada yang kurang, terimakasih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!