Cara Mengaktifkan USB DEBUGGING di HP Android

  • Share

Opsi USB Debugging merupakan salah satu opsi yang sudah disediakan di sebagian besar perangkat Android. Mungkin memang seperti terdengar masih rumit bagi orang awam, namun opsi ini merupakan salah satu cara yang memungkin sebuah Android untuk mentransfer file, data dan informasi informasi lainnya dari dan ke sebuah perangkat komputer atau PC.

USB debugging

Untuk anda yang sedang merasa bingung dalam memindahkan data data penting ke atau dari komputer dapat menggunakan USB debugging sebagai salah satu cara yang palih ampuh. Menggunakan cara ini pun sudah terbukti cepat dan aman. Sesuai dengan namanya, USB Debugging ini berperan dalam suatu tindakan pelacakan atau tracking bug via USB. Pada awalnya, USB Debugging ini hanya diperuntukkan untuk para pengembang aplikasi Android.

Cara Mengaktifkan USB DEBUGGING di HP Android

Mereka menggunakan proses ini guna untuk menguji perangkat lunak dan juga melacak permasalahan dengan menggunakan Android Studio Development Kit. Akan tetapi, sekarang ini USB Debugging tidak hanya digunakan oleh para pengembang saja, namun dipakai juga oleh para pengguna Android untuk berbagai macam keperluan. Misal seperti menginstall sebuah custom recovery, menginstal custom ROM, rooting perangkat, mengirim file dari dan ke PC atau komputer dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menggunakan fitur ini, kita harus terlebih dahulu mengaktifkan mode USB Debugging agar file file yang diperlukan dapat dimasukkan ke dalam sistem.

Namun, bagaimana cara mengaktifkan USB Debugging ini? Apakah prosesnya sangat rumit dan membingungkan? Penasaran? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

usb debuging

  1. Bukalah menu Pengaturan yang sudah tersedia di handphone Android kita
  2. Scroll dan carilah opsi About Phone kemudian klik
  3. Pada bagian bawah, kita akan menemukan bagian Build Number dan ketuk bagian tersebut sampai 7 kali hingga muncul pesan yang muncul di layar tanda bahwa Developer Options telah aktif
  4. Kembali ke menu Pengaturan dan pilih Developer Options lalu buka dan scroll ke bawah sampai menemukan opsi USB Debugging
  5. Klik dan tekan OK untuk mengaktifkannya

Cara diatas dapat kita gunakan untuk smartphone Android yang sudah menggunakan sistem Android di atas 2.3. Namun, bagaimana dengan perangkat Android yang masih menggunakan sistem operasi Android 2.3 ke bawah? Apakah caranya masih sama atau bahkan berbeda? Ternyata caranya masih agak mirip dan pastinya dapat dengan mudah kita praktekkan di rumah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah menu Pengaturan yang sudah tersedia di handphone Android kita
  2. Cari dan pilihlah opsi Aplikasi kemudian scroll sampai kita menemukan menu Developer Options
  3. Pilih dan bukalah menu tersebut lalu klik opsi USB Debugging
  4. Aktifkan dan USB Debugging siap untuk kita gunakan

Itulah cara yang dapat dipakai untuk mengaktifkan USB Debugging di handphone Android. Sedikit tips untuk melakukan proses USB Debugging adalah dengan menggunakan kabel USB dengan kualita yang baik. Misal dengan kabel USB yang original dari perangkat Android kita. Jangan sampai memakai USB yang abal abal karena efeknya proses transfer file bisa berlangsung lama walaupun file akan tetap terjaga.

Kabel USB yang original dan berkualitas juga dapat kita gunakna sebagai salah satu antisipasi agar perangkat Android kita tidak rusak. Menggunakan barang barang yang original memang salah satu pilihan yang paling tepat dan kita akan merasakan banyak manfaat dari barang original ini. Semoga bermanfaat.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.