Cara Menambahkan Metadata Pada Gambar di Windows 10

Istilah metadata mungkin terdengar asing bagi mayoritas orang, terutama mereka yang berkecimpung di bidang non-teknologi. Sederhananya, metadata merupakan informasi terstruktur atau rinci tentang sebuah file, termasuk di dalamnya gambar dan video. Metadata tersebut dapat ditambahkan secara manual. Adapun cara menambahkan metadata pada gambar di Windows 10 akan diulas mendetail pada kesempatan kali ini.

 

Step by Step Penambahan Metadata  Pada Gambar di Windows 10 dengan Mudah

Windows 10 merupakan versi Windows yang diklaim paling lengkap dan mudah dioperasikan. Termasuk untuk penambahan metadata sebuah file. Berikut ini tutorial memberi metadata secara manual pada sebuah gambar menggunakan PC dengan Windows 10 :

  • Nyalakan dan jalankan PC Anda seperti biasa. Selanjutnya, masuk ke folder di mana gambar yang hendak Anda tambahkan atau edit metadata berada. Untuk lebih cepat, cari file melalui kolom pencarian di pojok kiri bawah—tepat di samping ikon Windows.
  • Setelah menemukan objek yang dicari, klik kanan dan pilih menu ‘Properties’.
  • Kemudian, klik tab ‘Details’ untuk mendapatkan rincian informasi tentang file gambar tersebut.2-details
  • Anda dapat mulai mengedit informasi / metadata dari gambar tersebut, mulai dari ‘Description’, ‘Origin’, ‘Image’, dan masih banyak lagi. Terutama pada menu ‘Description’, Anda dapat mengubah nama file, pembuatnya, rating, dan lain-lain. Untuk mengubah isinya, cukup klik samping kanan, tab ‘Value’.2-details
  • Sebagai tambahan, Anda juga dapat menambahkan informasi kamera yang digunakan pada opsi ‘Camera’. Hal ini biasanya penting bagi mereka yang berkecimpung di dunia fotografi atau berkaitan dengan bidang tersebut.
  • Setelah informasi metadata dirasa sudah lengkap, maka klik ‘OK’.

Jika cara menambahkan metadata pada gambar di Windows 10 di atas dipraktikkan dengan benar per langkah, maka kemungkinan untuk terjadi kegagalan penginputan sangat kecil.


Keuntungan Menambahkan Metadata Pada Gambar

Bagi yang belum memahami dengan baik tentang pentingnya fungsi metadata pada sebuah file, maka mereka cenderung abai dan tidak ingin meluangkan waktu menyunting data tersebut. Padahal, kelengkapan informasi metadata memiliki banyak sekali manfaat :

  • Mempermudah dalam menemukan file menggunakan fitur OneDrive yang merupakan cloud-disk yang disertakan pada Windows 10. Cadangan data PC berbasis seri windows tersebut biasanya secara otomatis diunggah ke OneDrive, agar ketika data hilang pada PC masih terdapat back up. Dengan metadata yang detail, pencarian di OneDrive dapat berlangsung lebih cepat.
  • Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer, metadata gambar yang detail bermanfaat sebagai informasi untuk mengevaluasi hasil jepretan dari perangkat yang digunakan. Berguna pula untuk para reviewer perangkat pintar di mana permintaan untuk ulasan tentang kamera gadget kian meningkat dari penonton, di mana untuk bisa memberi opini, metadata tersebut menjadi aspek penting.
  • Saat ini, ada tren penjualan hasil foto secara online. Dengan menyertakan metadata, gambar dapat diamankan dari klaim pihak tidak bertanggung jawab, bahkan dapat dikunci agar tidak sembarangan diunduh oleh non-klien.
  • Pada suatu kejadian luar biasa, gambar dapat dijadikan sebagai barang bukti untuk tindak kriminal. Lokasi pengambilan gambar, siapa pemotretnya, serta tanggal kejadian yang tercatat lengkap pada metadata bisa membantu mempermudah penyelesaian perkara.

Jadi, tidak ada alasan untuk menyepelekan kelengkapan informasi metadata file yang dimiliki. Terlebih, cara menambahkan metadata pada gambar di Windows 10 juga sangat mudah. Bila ingin menyunting metadata pada video atau file-file lain pada PC, Anda hanya perlu mengulang tahapan di atas setelah memilih file yang Anda inginkan.

 

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!