Cara Masuk DFU Mode Di iPhone 8, iPhone X, iPhone XR Dan iPhone XS

DFU mode yang dilakukan pada iPhone, iPod touch atau iPad adalah salah satu alternatif cara terakhir jika ingin memperbaiki software atau sistem yang terjadi pada gadget iOS seperti stuck logo, device restart atau mungkin kerusakan lainnya yang berkaitan dengan masalah software. DFU sendiri merupakan singkatan dari Device Firmware Upgrade yang mana ini adalah salah satu mode yang sudah ditanamkan dalam devices pabrikan Apple seperti iPhone, iPod touch atau iPad.

Ketika perangkat masuk DFU mode, maka devices iOS masih dapat terdeteksi di aplikasi iTunes Mac atau Windows.

Cara masuk DFU mode pada iPhone berbeda-beda, tergantung dari jenis iPhone yang di miliki. Hal ini karena tidak semua jenis iPhone memiliki tombol Home.

Cara Masuk DFU Mode Di iPhone 8, iPhone X, iPhone XR Dan iPhone XS

Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk dapat masuk DFU mode di iPhone 8 dan iPhone X :

  1. Jalankanlah iTunes di Mac atau PC
  2. Hubungkanlah iPhone X atau iPhone 8 ke Mac atau windows PC melalui kabel USB
  3. Matikanlah terlebih dahulu iPhone X atau iPhone 8 apabila kondisi smartphone masih dalam keadaan menyala
  4. Tekan kemudian tahanlah tombol power selama kurang lebih 3 detik
  5. Tahan terus tombol power lalu tekan kemudian tahan tombol volume bagian bawah
  6. Tetap tekan kemudian tahan tombol tersebut selama kurang lebih 10 detik
  7. Lepaskanlah tombol power tapi dengan tetap menekan tombol volume bagian bawah selama kurang lebih 5 detik
  8. Layar iPhone tetap akan dalam keadaan blank atau berwarna hitam kemudian akan muncul pesan peringatan di iTunes yang menyatakan bahwa iPhone telah terdeteksi,
  9. Namun jika layar pada iPhne X atau iPhone 8 malah muncul logo Apple. Layar menyala atau logo iTunes itu menandakan bahwa iPhone tidak berhasl masuk dalam mode DFU.
  10. Kemudian kita dapat melakukan restore via iTunes ketika berada dalam mode DFU tersebut

Bagiaman Jika Gagal Masuk DFU ?

Jika kita sudah mencoba langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan namun tetap mash tidak berhasil masuk DFU mode juga, maka kita harus mengulanginya. Kita harus beberapa kali mencoba langkah-langkah tersebut agar dapat masuk dalam DFU mode.


Kemudian jika kita ingin keluar dari mode DFU ini sangatlah mudah, yaitu kita hanya harus menekan tombol Home dan power secara bersamaan sampai iPhone kira restart kemudian logo Apple muncul. Yang lebih menariknya lagi adalah kita dapat juga melakukan flashing atau install ulang devices iPhone dengan menggunakan firmware melalui DFU mode jika sekatu-waktu kita lupa passcode di iPhone kita. Satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk memastikan bahwa data sebelumnya telah ter back up semuanya. Hal ini karena proses yang demikian dapat mengakibatkan file serta konfirgurasi menjadi hilang. Akan tetapi jika kita lupa password iCloud (ID Apple) maka melakukan install ulang firmware dengan menggunakan DFU mode tidak dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Mengetahui bagaimana cara masuk ke DFU mode di iPhone sangat penting untuk dilakukan, karena pengetahuan yang demikian akan sangat menolong jika sewaktu-waktu kita ingin memperbaiki iPhone yang telah rusak karena permasalahan software atau bahkan karena operasi di gadget smartphone Apple.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara yang dapat dilakukan untuk dapat masuk DFU mode di iPhone 8, iPhone X, iPhone XS serta iPhone XR. Semoga penjelasan yang diberikan dapat dengan mudah dipahami.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!