5 Penyebab HP Xiaomi Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri – Xiaomi merupakan brand smartphone pendatang baru yang mampu memikat banyak peminat dengan harga murahnya. Tidak hanya murah, HP besutan Xiaomi juga dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Performa kinerjanya dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas seperti, fotografi, main game dan kegiatan mobile lainnya.

Selain keunggulannya yang cukup banyak tersebut, ternyata banyak pula para pengguna yang mengeluhkan berbagai masalah yang sering terjadi di HP Xiaomi. Salah satu masalah tersebut adalah HP Xiaomi sering mati sendiri. Sebenarnya ada beberapa penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri yang bisa anda temukan. Mengetahui penyebabnya tersebut, nantinya anda juga bisa melakukan perbaikan.

5 Penyebab HP Xiaomi Sering Mati Sendiri yang Harus Anda Tahu

1. Penyebab HP Xiaomi Sering Mati Sendiri 2

1. Sistem bekerja terlalu keras dan berat

Penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri yang pertama adalah karena sistem dari smartphone yang dipaksa bekerja terlalu berat. Alhasil, ketika hardware tidak kuat melakukan semua perintah akhirnya membuatnya error. Salah satu error tersebu yakni membuat HP mati dengan sendirinya.

Kebebasan dalam mengexplore berbagai hal dan kegiatan, membuat HP android menjadi pilihan favorit bagi pengguna. Tapi perlu anda tahu, jangan sampai anda memaksakan sistem android melakukan berbagai hal yang diluar kemampuan kapasitas hardware-nya. Apalagi HP Xiaomi milik anda tidak memiliki spesifikasi dewa, sudah pasti tidak akan kuat jika dipaksakan bekerja terlalu keras.

2. Terjadi overheat

Penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri satu ini masih ada kaitannya dengan penyebab di atas. Durasi penggunaan HP yang cukup lama dan melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu, membuat kinerja prosesor semakin berat. Selain itu, hal ini juga membuat suhu panas dari smartphone Xiaomi semakin meningkat dan akhirnya terjadi overheat. Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin HP mengalami masalah mati sendiri.

Sebaiknya jangan anda lakukan kebiasaan seperti ini secara terus-menarus. Dikarenakan kondisi seperti ini jika dibiarkan maka akan berpotensi HP Xiaomi mati total. Kalau sudah begini, akan lebih besar biaya yang harus anda keluarkan untuk memperbaikinya.

3. Serangan virus berbahaya

Virus juga menjadi salah satu faktor atau penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri paling umum terjadi. Ada banyak jalan bagi sebuah virus untuk bisa masuk menyerang HP android, khususnya Xiaomi. Salah satunya karena kebiasaan menginstall aplikasi sembarangan yang tidak resmi. Misalnya, menginstall aplikasi di luar Google Play Store.


Ada banyak sekali jenis virus smartphone yang bertebaran di internet, banyak pula efek yang ditimbulkan oleh virus tersebut. Salah satu efeknya adalah membuat HP menjadi error, seperti sering mati dengan sendirinya.

4. Perangkat lunak smartphone yang tidak diupdate

Penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri selanjutnya yang sering diabaikan adalah tidak melakukan update pada perangkat lunak smartphone. Bukan tanpa alasan pihak vendor melakukan update perangkat lunak pada smartphone besutannya. Salah satunya adalah untuk memperbaiki bug dan error yang terjadi pada sistem. Denga begitu dapat meminimalisir berbagai masalah yang sering terjadi, termasuk HP yang sering mati sendiri.

Sebaiknya jika ada notifikasi untuk melakukan update perangkat lunak, langsung saja lakukan update. Jangan sampai masalah HP mati sendiri terjadi pada smartphone kesayangan anda. Meski begitu, update perangkat lunak biasanya memiliki kapasitas yang besar sehingga lebih baik menggunakan koneksi wifi.

5. Terdapat bug pada aplikasi atau file sistem

Dan penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri yang terakhir adalah terdapat bug di aplikasi atau file sistem smartphone. Salah satu tanda kalau HP mati sendiri disebabkan oleh bug adalah HP langsung mati ketika membuka salah satu aplikasi tertentu. Jika sudah seperti ini, sudah dapat dipastika error bukan terjadi pada HP melainkan pada aplikasi yang terdapat bug.

Penyebab aplikasi file sistem terdapat bug adalah karena jarangnya melakukan update. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, update aplikasi atau sistem sangat penting untuk memperbaiki bug atau juga kesalahan sistem yang terjadi.

Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Sering Mati Sendiri

1. Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Sering Mati Sendiri

Setidaknya ada 2 cara paling ampuh untuk mengatasi HP Xiaomi yang error atau mati sendiri. Cara ini juga terbilang sangat mudah, bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

1. Menghapus atau meng-uninstall aplikasi penyebab HP mati sendiri

Cara yang pertama adalah dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang menjadi penyebab HP sering mati sendiri. Bagaimana cara mengetahui mana aplikasi yang menjadi penyebab HP mati sendiri tersebut? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika HP mati ketika anda membuka suatu aplikasi, maka aplikasi tersebutlah penyebabnya.

Selain itu, sebaiknya uninstall juga aplikasi yang tidak resmi alias yang anda install dari luar Google Play Store. Dan penting juga untuk menginstall aplikasi antivirus untuk mencegah virus menyerang smartphone.

2. Melakukan Factory Reset

Cara yang kedua untuk mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri adalah dengan factory reset. Cara ini bisa anda lakukan jika HP Xiaomi mati dan tidak bisa dihidupkan kembali, alias mati total. Factory reset ini sendiri bisa anda lakukan melalui menu recovery mode yang pasti tersedia untuk setiap smartphone android. Anda bisa mencari cara reset HP Xiaomi di internet.

Itulah tadi beberapa penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri dan cara mudah untuk mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!